Sabtu, 15 Maret 2014

Menguasai Bahasa Pemrograman SQL Tingkat Dasar


                MySQL merupakan software database open source yang paling populer di dunia, dimana saat ini digunakan lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia. Dengan kehandalan, kecepatan dan kemudahan penggunaannya. MySQL menjadi pilihan utama bagi banyak pengembang software dan aplikasi baik di platform web maupun desktop. Pengguna MySQL tidak hanya sebatas pengguna perseorangan maupun perusahaan kecil, namun perusahaan seperti yahoo!, Alcatel-Lucent, Google, Nokia, Youtube, Wordpress dan Facebook juga merupakan pengguna MySQL.




SEKILAS TENTANG SEJARAH MYSQL

               MySQL pertama kali di buat dan dikembangkan di Swedia, yaitu oleh David Axmark, Allan Larsson dan Michael "Monty" Widenius.
Mereka mengembangkan MySQL sejak tahun 1980-an. Saat ini versi MySQL yang sudah stabil mencapai versi 5x dan sedang dikembangkan versi 6x. Untuk lebih lengkapnya dapat di lihat di situs resmi MySQL.



PENGENALAN DATABASE

                Basis data (atau database) adalahkumpulaninformasi yang disimpan di dalam computer secarasistematiksehinggadapatdiperiksamenggunakansuatu program computer untukmemperolehinformasidari basis data tersebut.Database digunakanuntukmenyimpaninformasiatau data yang terintegrasidenganbaik di dalam computer.
                Untukmengelola database diperlukansuatuperangkatlunak yang disebut DBMS (Database Management System).DBMS merupakansuatu system perangkatlunak yang memungkinkan user (pengguna) untukmembuat, memelihara, mengontrol, danmengakses database secarapraktisdanefisien.Dengan DBMS, user akanlebihmudahmengontrol dammemanipulasi data yang ada.
                Sedangkan RDBMS atau Relationship Database Management System merupakansalahsatujenis DBMS yang mendukungadanya relationship atauhubungananatar table.Di samping RDBMS, terdapatjenis DBMS lain, misalnya Hierarchy DBMS, Object Oriented DBMS, dsb.

CONTOH DBMS

                Beberapa software atauperangkatlunak DBMS yang seringdigunakandalamaplikasi program antaralain :


BEBERAPA ISTILAH DALAM DATABASE.

ž   Table
                Sebuahtabelmerupakankumpulan data (nilai) yang diorganisasikankedalambaris (record) dankolom (field). Masing-masingkolommemilikinama yang spesifikdanunik.  
ž  Field
                Fieldmerupakankolomdarisebuah table.Fieldmemilikiukurantype data tertentu yang menentukanbagaimana data nantinyatersimpan.

ž  Record
                Field merupakansebuahkumpulannilai yang salingterkait.
ž  Key
                Key merupakansuatu field yang dapatdijadikankuncidalamoperasitabel. Dalamkonsep database, key memilikibanyakjenisdiantaranya Primary Key, Foreign Key, Composite Key, dll.

ž  SQL
                SQL atau Structured Query Language merupakansuatubahasa (language) yang digunakanuntukmengakses database. SQL seringdisebutjugasebagai query.


                MySQL adlahsebuahperangkatlunak system manajemen basis data SQL (bahasaInggris : Database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengansekitar 6 jutainstalansi di seluruhdunia. MySQL AB membuat MySQL tersediasebagaiperangkatlunak gratis di bawahlisensi GNU General Public License (GPL), tetapimerekajugamenjualdibawahlisensikomersialuntukkasus-kasusdimanapenggunaannyatidakcocokdenganpenggunaan GPL.
                Tidakseperti PHP atau Apache yang merupakan software yang dikembangkanolehkonitasumum, danhakciptauntukkodesumberdimilikiolehpenulisnyamasing-masing. MySQL dimilikidandisponsoriolehsebuahperusahaankomersialSwediayaitu MySQL AB. MySQL AB memegangpenuhhakcipta hamper atassemuakodesumbernya. Kedua orang Swediadansatu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah : David Axmark, Allan Larsson, dan Michael “Monty” Widenius.

                MySQL dapatdidwonload di situsresminya, http://www.mysql.com.

FITUR-FITUR DALAM MYSQL

  • Relational Database System. Sepertihalnya software database lain yang ada di pasaran, MySQL termasuk RDBMS.
  • Arsitektur Client-Server.MySQLmemilikiarsitektur client-server dimana server database MySQL terinstal di server. Client MySQL dapatberada di computer yang samadengan server, dandapatjuga di computer lain yang berkomunikasidengan server melaluijaringanbahkan internet.
  • Mengenalperintah SQL standar. SQL (Structured Query Language) merupakansuatubahasastandar yang berlaku di hamper semua software database. MySQL mendukung SQL versi SQL:2003.
  • MendukungSub Select. Mulaiversi 4.1 MySQL telahmendukung select dalam select (sub select).
  • MendukungViews. MySQL mendukung Views sejakversi 5.0.
  • MendukungStored Prosedured (sp). MySQL mendukungspsejakversi 5.0.
  • MendukungTriggers. MySQL mendukung trigger padaversi 5.0 namunmasihterbatas. Pengembangan MySQL berjanjiakanmeningkatkankemampuan trigger padaversi 5.1.
  • MendukungReplication.
  • MendukungTransaksi.
  • MendukungForeign key.

ADAPUN KELEBIHAN MYSQL.

  • Tersediafungsi GIS.
  • Free (bebasdidownload)
  • Staildantangguh
  • Fleksibeldenganberbagaipemrograman
  • Security yang baik
  • Dukungandaribanyakkomunitas
  • Perkembangan software yang cukupcepat.

DASAR-DASAR SQL 

                SQL merupakansingkatandari Structured Query Language. SQL ataujugaseringdisebutsebagai query merupakansuatubahasa (language) yang digunakanuntukmengakses database. SQL dikenalkanpertama kali dalam IBM padatahun 1970 dansebuahstandar ISO dan ANSII ditetapkanuntuk SQL Standarinitidaktergantungpadamesin yang digunakan (IBM, Microsoft atau Oracle). Hamper semua software database mengenalatamengerti SQL. Jadi, perintah SQL padasemua software database hamper semua.

TERDAPAT 3 (tiga) jenisperintah SQL, yaitu :
1. DDL atau Data Defenition Language
                DDL merupakanperintah SQL yang berhubungandenganpendefinisiansuatuStruktur database, dalamhalini database dan table.Beberapaperintahdasar yang termasukDDliniantaralain :
  1. CREATE
  2. ALTER
  3. RENAME
  4. DROP
2. DML atau Data Manipulation Language
                DML merupakanperintah SQL yang berhubungandenganmanipulasiataupengolahan data atau record dalam table. Perintah SQL yang termasukdalam DML antaralain :
  • SELECT
  • INSERT
  • UPDATE
  • DELETE
3. DCL atau Data Control Language
                DCL merupakanperintah SQL yang berhubungandenganmenipulasi user danhakakses (priviledges).Perintah SQL yang termasukdalam DCL antaralain :
  • GRANT
  • REVOKE



Ket : Jika masih belum mengerti, anda bisa meninggalkan sebuah komentar di blog ini. terima kasih....
Alhamdulillah, semoga bermanfaat bagi kalian semua yang membaca artikel ini. amin... jangan lupa like, tweet, n share ya....
Thank To : Allah SWT

2 komentar:

 
Copyright © . Saling Berbagi - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger